Selasa, 21 Agustus 2012

Beternak Parkit

Sekarang ini, burung parkit banyak di gemari orang. baik yang hanya iseng di pelihara untuk di nikmati warnanya yang indah serta tingkahnya yang lucu, maupun orang yang hobby memelihara untuk selanjutnya di jinakin, dan ada juga yang di pelihara untuk di ternak seperti saya. hasilnyapun lumayan untuk pendapatan tambahan.

Berikut ini saya ingin menuliskan pengalaman saya beternak burung parkit.

Pertama-tama adalah menyiapkan kandang. jangan lupa sesuaikan ukuran kandang dengan jumlah parkit yang ingin kita ternak, untuk kandang saya sendiri berukuran PxLxT: 150cm x 70cm x 170cm dan kandang ukuran segitu saya isi 15 pasang parkit. dan alhamdulillah saya memiliki 2 kandang dengan ukuran yang sama dan jumlah indukan yang sama. berikut adalah satu di antaranya:


Langkah berikutnya adalah memilih parkit yang akan di tangkar. ada beberapa tips dari saya perihal memilih calon indukan parkit.
  • Pilih warna yang berfariasi untuk mendapat hasil dengan warna yang berfariasi pula
  • Pilih parkit yang sehat dengan ciri lincah, bulu halus dan cerah dan pastikan pantat parkit bersih (kotorannya tidak nempel / mencret)
  • Pilih parkit yang umur masih muda. umur 2 bulan adalah umur yang mapan dan sudah berada di titik aman (tidak mudah sakit). dengan memilih parkit muda jangka produksi yang didapat akan lebih panjang.
  • Pilih parkit yang rata-rata umurnya sama.
Makanan adalah hal berikut yang perlu di perhatikan. Makanan pokoknya saya kasih milet putih sedang makanan pendamping adalah sayur-sayuran seperti kangkung, tauge dan jagung muda. jangan lupa sediakan pasir atau bata merah yang di tumbuk halus untuk membantu pencernakannya, dan juga sotong untuk kebutuhan yodium dan mineral. air bisa di dapat dari sayuran, meskipun kebutuhan parkit akan air tidak terlalu banyak namun tidak ada salahnya kita sediakan air untuk minumnya.



Rata-rata burung parkit sudah siap kawin pada umur 3 bulan, dan kita harus sediakan sarangnya (glodog). glodog bisa kita buat sendiri dari kayu papan cor dengan ukuran PxLxT: 20cm x 15 cm x 18 cm.


Setelah bertelur parkit betina akan mengerami telurnya tanpa bergantian dengan pejantannya. tugas pejantan adalah menjaga sarangnya dari gangguan parkit lain serta memberi makan pada betinanya. Telur parkit akan menetas setelah 15 hari di erami.
Berikut adalah gambar anakan parkit yang baru menetas, yang kecil baru berumur 1 hari dan satunya 2 hari


Dan setelah berumur kurang lebih satu bulan anakan parkit sudah siap untuk di pisahkan dari induknya. berikut adalah gambar anakan parkit yang sebentar lagi siap di pisahkan


Dan ini adalah anakan parkit yang sudah di pisahkan dan rata-rata berumur 1 bulan untuk selanjutnya di pasarkan atau untuk di kembangkan lagi, terserah anda.


Demikianlah tulisan saya mengenai pengalaman beternak parkit, tentunya masih banyak kekurangannya mengingat pengalaman saya juga belum begitu mendalam, jadi saya sangat mengharapkan masukan-masukan dari pembaca yang budiman sehingga bisa menambah ilmu serta wawasan saya tentang cara beternak parkit.

Dan bagi pembaca yang budiman yang tertarik untuk memulai beternak parkit bisa hubungi saya untuk sekedar sharing sukur-sukur memesan parkit di 021 94911356. Terima kasih

28 komentar:

  1. Sharing plus promosi nih...kalo boleh tau sepasang berapa harganya..
    Bisa COD ga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe....untuk harga smsan aja om. COD bisa kalo masih deket deket ciledug om. makasih ya dah mampir

      Hapus
  2. Tanya mas... sy dah pelihara parkit kurang lebih 3 bulan.
    Awalnya pelihara sepasang, yang jantan udah agak tua/dewasa secara dimatanya ada lingkaran putih...
    Setelah 2 bln ga mau bertelur jd sy beli lg yg betina 1 ekor shg jumlah skr 3 ekor.. menginjak bulan ke 4 (sekarang) parkit masih belum mau bertelur, kira-kira knp ya mz???

    BalasHapus
  3. memang om kalo pelihara parkit untuk di ternak kalo jumlahnya sedikit tingkat keberhasilannya kecil. tapi jangan putus asa om coba terus mungkin sekarang ini parkit om sedang dalam proses perjodohan. nutrisinya lebih di perhatikan aja om, toge sama jagung muda untuk penambah hormon. kasih setiap pagi ya om. semoga berhasil.

    BalasHapus
  4. Bos, ada warna kuning n putih mata merah ga ?

    BalasHapus
  5. @fajar klo masih di daerah deket2 lokasi ane insyaallah bisa om
    @Aray bisa inden om, saat ini ada 2 ekor tapi dah ada yg dp

    BalasHapus
  6. saya punya parkit.
    sepasang jantan & betina tpi stelah itu parkit betina nya mati.
    trus saya beli betina nya lagi di pasar burung setelah beberapa hari di jodoh kan parkit itu berjodoh.
    apakah sepasang parkit itu bsa bertelur / tdk?
    mohon bantuan nya.

    BalasHapus
  7. pengen . smoga saya juga bisa ternak ky om . amiin :) thx om

    BalasHapus
  8. Mas bisa kunjungn nggak, kira2 cileduk mana ya mas ? posisi saya di mencong peninggilan dekat villa japos . Rencana saya ingin membli beberapa untuk mulai merintis. Tks

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. bukan mas, saya Reza saya sudah beli sepasang parkit, tapi saya kurang yakin untuk kwalitas kembangbiaknya, karena saya beli dibarito, kira2 lokasi dimana ya mas, saya ingin kunjungan, sekaligus membeli beberapa pasang parkitnya.trims

      Hapus
  10. Ciledug mana om? berapa nomornya klo mo mesen?

    BalasHapus
  11. @pandu tanah seratus om. No telp dah ada di atas

    BalasHapus
  12. ada yg warna putih mata merah dan hitam ?
    berapa harganya ?

    BalasHapus
  13. om, dulu waktu saya kecil tahun 80-an punya parkit sepasang. dasar masih kanak-kanak, saya males bersih-bersih, efeknya kakak saya terkena penyakit dipteri (radang pernafasan). diduga akibat pelihara parkit. betul gak om...? katanya kalo lovebird gak terlalu berpenyakit. betul lagi gak om?

    BalasHapus
  14. budiabushofia, bulu halus parkit memang mudah rotok dan menempel disangkar, kemungkinan kakak anda ga sengaja sering menghirup bulu tsb

    BalasHapus
  15. Om budi, betul kata om koplak. Memang bulu parkit yang halus banyak rontok, tapi alhamdulillah selama hampir 2 tahun sy ternakin ga ada keluhan penyakit yg di sebabkan oleh parkit. Baik sy sendiri maupun orang orang di aekitar rumah. Mungkin kakak om intensitas deket dg parkitnya terlalu sering plus toleran terhadap udara kotor juaga terlalu sensitif. Klo lovebird sy kurang begitu mengerti om .

    BalasHapus
  16. masbro masih jual parkit?saya tadi sms ga ada jawaban

    BalasHapus
  17. om kalo parkit mata merah kawin sama mata hitam bisa gak??

    BalasHapus
  18. update harga #parkit

    #parkit anakan
    ijo 30.000/psng
    warna 50.000/psng

    #parkit indukan
    ijo 40.000/psng
    warna 60.000/psng

    harga update bisa dilihat di www.facebook.com/fhizzagro

    hubungi 085725937911 kusno "fhizzgroup BC"

    jln. tembus, tugu cawas, klaten
    (selatan RSI. cab cawas)

    BalasHapus
  19. Om,burung parkit saya kenapa ya kalau nelor pasti seminggu sekali dan kenapa burung parkit saya suka berantem sampai luka-luka diseluruh badannya ? Satu lagi pertanyaan saya,kalau sudah netas apa yang saya lakukan kepada anak parkit ?

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Telp/sms aja om. Ga enak ma tetangga hë•⌣•hë•⌣•hë•⌣•hë

      Hapus
  21. saya punya parkit baru aja bertelur 3butir,tp indukannya ngereminnya jarang2. masih bisa netes ga tuh om telurmya ? tolonh dong infonya

    BalasHapus